Minggu, 22 Mei 2011

Propinsi Jawa Tengah yang merupakan salah satu Propinsi di Indonesia, memiliki keanekaragaman daya tarik wisata baik yang bersifat budaya maupun alam, dan lokasinya tersebar di 35 Kab/ Kota. Salah satu daya tarik budaya yang banyak dikenal di Jawa Tengah adalah peninggalan situs-situs kepurbakalaan dalam bentuk bangunan-bangunan candi pada masa kejayaan kerajaan Hindu-Budha. Selain itu terdapat pula peninggalan kejayaan kerajaan Islam dan Jawa, berupa bangunan-bangunan Keraton/Istana dan Mesjid serta Makam Raja-Raja dan Wali penyebar agama Islam di Jawa Tengah. Di Jawa Tengah dapat pula dikunjungi daerah wisata pegunungan berhawa sejuk, yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan mendaki gunung, berkemah, penjelajahan lembah, gunung dan hutan. Disamping itu dapat dikunjungi taman-taman rekreasi pantai, goa-goa alam, air terjun, taman laut dan lain-lain. Berikut ini adalah obyek wisata favorit yang ada di kota Semarang.






Tugu Muda

Tugumuda
Adalah monumen bersejarah yang terletak di tengah kota. Monumen ini dibangun guna mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tanggal 14 - 19 Oktober 1945 melawan Tentara Jepang, dimana dalam pertempuran ini banyak para pemuda-pemuda Semarang banyak yang gugur. Monumen ini dibuat berbentuk lilin pada kaki-kakinya terdapat beberapa relief yang menggambarkan penderitaan rakyat pada masa itu. Monumen ini diresmikan pada tanggan 20 Mei 1953 oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno Simpang Lima, dalam radius 1 km tempat wisata ini mudah dijangkau dari penjuru kota, tempat ini terletak di tengah kota di persimpangan Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Gajahmada, Jl. KH.Achmad Dahlan dan Jl. A. Yani.



Masjdi Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Salah satu tempat wisata religi adalah Masjid Agung. Selain tempat ibadah, salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini digunakan sebagai hotel, perkantoran, dan toko suvenir. Bangunan utama masjid adalah menara setinggi 99 meter. Menara dibangun sesuai dengan 99 nama Allah. Menara sering digunakan untuk menentukan awal Ramadan. Pengunjung yang tertarik untuk naik menara ini harus membayar Rp 3.000. Di atas menara, pengunjung dapat melihat suasana Kota Semarang melalui teropong hanya dengan memasukkan uang koin Rp 500.



Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi ini merupakan obyek wisata yang terletak dikawasan pegunungan,yang lebih tepatnya berada pada daerah Bandungan, di lereng gunung Ungaran. Candi ini memiliki cerita sejarah yang sangat bagus.


Vihara Watugong


Vihara Buddhagaya Watugong
Ada pula Pagoda Avalokitesvara di kompleks Vihara Buddhagaya Watugong. Tempat ibadah umat Buddha ini dibangun pada 2005. Bangunan setinggi 40 meter dan gaya arsitek Cina ini ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.



Lawang Sewu

Lawang Sewu
Bangunan bekas peninggalan koloni-koloni Belanda yang memiliki rancangan arsitektur yang sangat bagus. Tempat ini juga meiliki cerita yang sangat menarik, karena dulunya pernah dijadikan markas bagi tentara-tentara Belanda. Bisa disebut Lawang Sewu karena jumlah pintu yang terdapat di bangunan ini berjumlah seribu





Untuk mendukung sektor pariwisata, diperlukan juga sektor perdagangan dan jasa yang memadai. Kota Semarang sendiri memiliki berbagai macam hotel berbintang. Seperti hotel Gumaya dan hotal Santika yang terletak di pusat kota Semarang.

Hotel Gumaya
Hotel Santika











     Sedangkan pada sektor perdagangan Kota Semarang memiliki pusat-pusat perbelanjaan yang moderen. Antara lain adalah Paragon, Java Supermall, Mall Ciputra.




Java Supermall

Mall Ciputra

Paragon


     


















     Masih banyak obyek wisata yang terdapat di kota Semarang, berikut ini kita membuat semacam film dokumenter yang beisikan tentang keanekaragaman pariwisata di Semarang. Film ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai mecam tempat wisata yang ada di kota Semarang. Sehingga ada niat untuk berkunjung ke tempat wisata yang anda inginkan, Selamat Menyaksikan...!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar